Home / Berita Update / Kesehatan / Pemerintahan

Rabu, 18 Mei 2022 - 17:32 WIB

Antisipasi PMK Masuk Madiun, Bupati Sidak Pasar Hewan.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami saat melakukan sidak di pasar hewan Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. ( Bayu Septian/Madiun).

Bupati Madiun, Ahmad Dawami saat melakukan sidak di pasar hewan Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. ( Bayu Septian/Madiun).

MADIUN (Jatimnesia.com) – Bupati Madiun, Ahmad Dawami melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar hewan Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Rabu (18/5).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memeriksa sekaligus mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari luar daerah Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun mengatakan, daerah yang menjadi endemik wabah PMK sudah terpetakan. ” Jadi kita sudah petakan semuanya, bagaimana penularan atau wilayah-wilayah yang menjadi endemik, kemarin sore kita juga petakan wilayah sekitar Madiun yang endemik mana saja, ” kata Ahmad Dawami, Rabu (18/5).

Baca Juga :  Mahasiswa KSM UNISMA Sosialisasi Layanan Gugatan Mandiri Kepada Para Pencari Keadilan Di PA Magetan.

Bupati Madiun membeberkan, dalam upaya pencegahan wabah PMK pihaknya bekerjasama dengan tenaga kesehatan hewan, serta menutup akses lalu lintas hewan ternak dari luar daerah yang didapati pada daerah tersebut sedang marak akan adanya penyakit tersebut.

” Artinya tidak boleh masuk kesini, sudah ada pos-pos penjagaan lalu lintas hewan ini. Jadi yang diantisipasi itu lalu lintas hewan sama lokasi para peternak-peternak itu, ” Jelas Ahmad Dawami.

Baca Juga :  Magetan Sukses Menggelar Grand Final Duta GenRe 2022.

Salah satu penjual hewan ternak dipasar Muneng, Surojo (60) mengatakan, akibat adanya wabah PMK ini penjualan hewan sapi miliknya menjadi tidak laku. ” Sulit, belum ada yang laku. Takut ada wabah PMK itu, ” ungkapnya.

Surojo mengaku upaya mencegah penyakit ini dirinya menyemprot sebagian kandang serta ternaknya mengunakan cairan sabun. ” Menurut pengarahan itu pencegahannya dengan cara disemprot dengan sabun cuci, katanya dokter begitu, ” pungkasnya.

Berita ini 59 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Kota Madiun Ada Rumah Restorative Justice, Wali Kota : Jangan Sepelekan Hukum !

Berita Update

Dampingi Gubernur Jatim Ziarah RMT Ario Soerjo, Sujatno Ajak Teladani Semangat Juang Gubernur Soerjo.

Berita Update

Gandeng Telkomsel, SMKN 1 Bendo Bekali Anak Didik Ilmu Digital Marketing.

Berita Update

Polres Magetan Lakukan Restorative Justice Kasus Pencurian Kotak Amal Di Mushola Takeran.

Berita Update

Harga Tiket Bis AKAP Di Terminal Madiun Selangit.

Berita Update

Libur Tahun Baru, Polisi Perketat Pengawasan Pacitan.

Berita Update

TNI AU Pasok 30 Ribu Dosis Vaksin Ke Ngawi.

Berita Update

Pedagang Pasar Minulyo Pacitan Resah Kabar Kenaikan Tarif Sewa Kios.