Bupati Blitar Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia.

Avatar photo

- Redaksi

Kamis, 4 Juli 2024 - 09:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Blitar Rini Syarifah

Bupati Blitar Rini Syarifah

BLITAR [Jatimnesia.com] – Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri peringatan hari lingkungan hidup Se -Dunia, di Ruang Terbuka Hijau (RHN ) Kanigoro, Rabu (3/7).

Hadir pula di acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, Perbankan, BUMD yang ada di Kabupaten Blitar, Direktur PT Greenfield Indonesia, Direktur PT PLN Nusantara Power, Direktur PT RMI dan semua pengusaha di Kabupaten Blitar, tidak ketinggalan Camat dan Forkopimcam Kanigoro.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Blitar. Semoga penghargaan yang telah diraih ini menjadi pemacu semangat dalam pengelolaan lingkungan sekolah.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tanggal 5 Juni pada setiap tahunnya. Pada hari tersebut, seluruh masyarakat dunia diajak untuk kembali turut aktif peduli dalam melestarikan lingkungan hidup. Dan pada kesempatan hari ini, kita bersama-sama memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dengan ditandai adanya Bersih Sungai di Wlingi, Penanaman Pohon di Desa Kemirigede, Pelatihan Pengelolaan Sampah, Kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dan Lomba Kreativitas Aksesoris dari bahan daur ulang sampah.

Baca Juga :  Parpol Di Magetan Mulai Buka Loker Cabup-Cawabup

Adapun tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 ini secara nasional adalah PENYELESAIAN KRISIS IKLIM DENGAN INOVASI DANPRINSIP KEADILAN. Tema ini dipilih sebagai pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas.

Upaya pemulihan lahan sangat erat kaitannya dengan aksi penyelesaian krisis iklim yang berbasis pada inovasi dan prinsip keadilan. Pemulihan lahan dengan melibatkan penggunaan teknologi canggih, seperti drone untuk reforestasi, teknik pengelolaan air yang efisien dan varietas tanaman yang tahan kekeringan selain meningkatkan produktivitas lahan juga dapat mengurangi emisi karbon dan memperbaiki siklus air, sehingga berkontribusi signifikan terhadap mitigasi perubahan iklim.

Baca Juga :  Bupati Blitar Rini Syarifah Hadiri Sosialisasi Anti Pungli.

Disisi lain prinsip keadilan menekankan bahwa manfaat dari pemulihan lahan harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim. Pendekatan ini mencakup serta melibatkan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan memastikan akses yang adil terhadap sumber daya alam dan mengakui serta menghargai pengetahuan tradisional dalam praktik pemulihan lahan.

Dengan demikian upaya pemulihan lahan tidak hanya berkontribusi pada solusi iklim yang inovatif tetapi juga mempromosikan keadilan sosial dan lingkungan.

Bapak/ibu yang saya hormati, Krisis iklim adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia. Untuk itu melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 ini saya mengajak kepada semua stakeholder untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk krisis iklim ini melalui berbagai inovasi, karena mengatasi krisis iklim pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, sehingga perlu melibatkan seluruh komponen masyarakat. (Adv).

Penulis : dyan natalia

Berita Terkait

HBA Ke-64, Kajari Magetan Beri Kado Pemkab Selamatkan Aset Rp 9,6 Miliar.
Kota Blitar Kembali Gelar BEN Carnival 2024
Bupati Blitar Launching Program Orang Tua Asuh Peduli Stunting.
Bupati Blitar Pimpin Rakor Pengesahan Warga PSHT.
Bupati Blitar Pimpin Langsung Distribusi Air Bersih.
Satpol PP Magetan Sosialisasi Cegah Rokok Ilegal Di Takeran.
Ribuan Petani Magetan Hadiri HKP 2024.
Bupati Blitar Rini Syarifah Hadiri Sosialisasi Anti Pungli.

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 17:59 WIB

HBA Ke-64, Kajari Magetan Beri Kado Pemkab Selamatkan Aset Rp 9,6 Miliar.

Minggu, 14 Juli 2024 - 08:59 WIB

Kota Blitar Kembali Gelar BEN Carnival 2024

Jumat, 5 Juli 2024 - 22:45 WIB

Bupati Blitar Launching Program Orang Tua Asuh Peduli Stunting.

Jumat, 5 Juli 2024 - 22:39 WIB

Bupati Blitar Pimpin Rakor Pengesahan Warga PSHT.

Jumat, 5 Juli 2024 - 22:32 WIB

Bupati Blitar Pimpin Langsung Distribusi Air Bersih.

Kamis, 4 Juli 2024 - 09:57 WIB

Bupati Blitar Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia.

Minggu, 30 Juni 2024 - 14:00 WIB

Satpol PP Magetan Sosialisasi Cegah Rokok Ilegal Di Takeran.

Sabtu, 29 Juni 2024 - 15:57 WIB

Ribuan Petani Magetan Hadiri HKP 2024.

Berita Terbaru

Pj Bupati Magetan Hergunadi Dalam Acara Harganas 2024 di Maospati.

Politik & Pemerintahan

Warga Magetan Tanggapi Rencana Hergunadi Maju Pilkada.

Sabtu, 20 Jul 2024 - 18:26 WIB

Pj Bupati Magetan Hergunadi saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan peserta Peringatan Harganas 2024. ( Magetan/ Septian Bayu).

Kesehatan

Magetan Peringati Harganas Di Area Kampus 5 Unesa.

Sabtu, 20 Jul 2024 - 18:19 WIB

Politik & Pemerintahan

Legislator Pacitan Tanggapi Polemik PTSL.

Jumat, 19 Jul 2024 - 19:45 WIB

Pj Bupati Magetan Hergunadi  Memberikan Hadiah Kepada Anak - Anak.

Pendidikan

Peringatan HAN 2024 Di Magetan Meriah.

Kamis, 18 Jul 2024 - 18:09 WIB