Home / Berita Update / Pemerintahan

Jumat, 8 Juli 2022 - 16:22 WIB

Bupati Magetan Sodorkan 2 Raperda Uji Tera dan TBC/HIV.

Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti Menyerahkan Draft 2 Raperda Kepada dr. Panganyoman, Wakil Ketua DPRD Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti Menyerahkan Draft 2 Raperda Kepada dr. Panganyoman, Wakil Ketua DPRD Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan menggelar rapat paripurna dengan agenda Penjelasan Bupati Terhadap dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Jum’at (8/7).

Wakil rakyat menerima dua draft (Raperda) dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan yaitu Raperda tentang Penyelenggaraan Tera dan Tera ulang serta Raperda Penanggulangan Tuberkulosis dan Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

” Rapat paripurna hari ini adalah penyerahan draft 2 Raperda dari Bupati yang pertama adalah Raperda tentang penanggulangan TBC dan HIV AIDS dan yang kedua adalah Raperda tentang tera, jadi kedua Raperda tersebut draftnya sudah diserahkan oleh Bupati kepada DPRD pada hari ini, ” kata dr. Panganyoman, Wakil Ketua DPRD Magetan, Jum’at (8/7).

Baca Juga :  Harga Migor Curah Tidak Sesuai HET, Disperindag Magetan Bakal Sidak Pasar.

Setelah draft diserahkan, Legislatif akan menindak lanjuti dengan pembentukan Panitia khusus (Pansus) untuk membahas 2 Raperda tersebut. ” Setelah ini prosesnya tentu akan dibentuk panitia khusus ataupun gabungan komisi yang nantinya akan membahas kedua Raperda tersebut, ” jelas Panganyoman.

Wakil Ketua DPRD Magetan berharap kedua produk hukum tersebut akan mampu menjadi payung hukum serta acuan dalam penanganan uji tera serta TBC dan HIV di Magetan. ” Harapan kedepan pembahasannya lancar dan semoga perda itu nanti menjadi dasar hukum dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penyakit TBC dan HIV serta dasar hukum dalam penyelengaraan uji tera, ” tegas politisi Partai Demokrat tersebut.

Baca Juga :  Jumlah Warga Miskin Pacitan Naik 3 Ribu Lebih.

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Magetan Nanik Endang Rusminiartini dalam penjelasannya dihadapan wakil rakyat serta peserta rapat paripurna mengatakan bahwa Raperda tersebut sudah melalui proses kajian yang matang dan mendalam oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Jawa Timur. ” Dapat kami informasikan, bahwa dua rancangan peraturan daerah yang saya sampaikan pada rapat paripurna ini telah melalui proses dan mekanisme pembulatan, dan pemantapan konsep oleh Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Timur sebagaimana amanat ketentuan pasal 63 undang-undang nomor 13 tahun 2022, ” tegas Wabup Magetan.

Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Tiga Kades Di Magetan Terjerat Kasus Hukum.

Berita Update

Blusukan Ke Magetan, Ganjar Pranowo Kunjungi Batik Ciprat Produksi Penyandang Disabilitas.

Berita Update

Muncul Kabar Direksi PDAM Magetan Ditetapkan Tersangka Kejari Kota Madiun?

Berita Update

Nekat Lewat Jalur Sarangan Lawas, Truk Pakan Kucing Terbalik.

Berita Update

Proyek Jembatan Mijil Ambrol, 2 Pekerja Tewas Tertimbun.

Berita Update

MoU Bidang Datun Pemkab Dan Kejari Magetan Diperpanjang Hingga 2023.

Berita Update

Bupati Pacitan Minta Warga Jangan Asal Tebang Pohon.

Berita Update

Sedekah Telor Disnakan, Disiapkan 625 Kg Untuk Maskin, Warga Isoman Hingga Relawan Covid-19