Home / Berita Update / Hukum & Kriminal / Pemerintahan

Jumat, 28 Januari 2022 - 17:58 WIB

Fakultas Hukum UI Berikan Binluh Hukum Kades se-Kecamatan Ngariboyo.

Tim Pengabdian Masyarakat FH UI bersama Para Kades dan Forkopimca Ngariboyo. (Joko Nugroho/Magetan).

Tim Pengabdian Masyarakat FH UI bersama Para Kades dan Forkopimca Ngariboyo. (Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Tim pengabdian masyarakat Fakultas Hukum (FH) Universitas Indonesia (UI) hadir di Kabupaten Magetan.

Kecamatan Ngariboyo dipilih menjadi lokasi Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) Bidang Hukum oleh 8 anggota Tim Pengabdian Masyarakat UI.

“Kabupaten Magetan memiliki potensi besar dalam pengembangan berbagai sumber daya alam, kami berharap dapat memberikan yang terbaik untuk warga khususnya di Kecamatan Ngariboyo,” kata Dr.Heru Susetyo, Ketua Tim, Jumat (28/1).

Fakultas Hukum UI mengundang Kepala desa (Kades) se- Kecamatan Ngariboyo serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Kecamatan Ngariboyo pada kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) Hukum yang dilaksanakan di Taman Wisata Desa (TWD) Embung Pendem.

Selain Dr. Heru Susetyo ada dua narasumber dari Fakultas Hukum UI diantaranya Dr. Afdol Anwar selaku Pakar Hukum Adat Fakultas Hukum UI serta Jarot Dimas selaku Dosen Hukum Kesehatan Fakultas Hukum UI.

Baca Juga :  OP Migor Pemkab Ngawi, 1.000 Liter Ludes Seketika.

Dalam paparanya, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum UI, menyasar pada upaya penanggulangan korupsi Dana Desa (DD) yang setiap tahun diterima oleh desa – desa di Indonesia termasuk di Kabupaten Magetan.

Belanja dana desa diharapkan sesuai aturan dengan perundang – undangan yang berlaku, agar tidak menimbulkan rasuah atau korupsi.” Kegiatan ini merupakan upaya dari kami selaku akademisi, yang bertujuan untuk mencegah praktik – praktik potensi korupsi dilevel desa,” ungkap Heru Susetyo.

Lebih lanjut, UI akan menjalin Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pemkab Magetan dalam berbagai bidang selain Hukum.” Kami telah bertemu dengan bapak Bupati Magetan, dan direncanakan akan ada PKS atau MoU antara Pemkab Magetan bersama UI, tidak hanya bidang hukum namun berbagai fakultas,” jelas Heru Susetyo yang mengaku menyukai pecel khas Magetan tersebut.

Baca Juga :  Eks Ngawi Plaza Bakal Disulap Jadi MPP.

Camat Ngariboyo, Kuswinardi, mengaku berterima kasih atas kedatangan Tim Pengabdian Masyarakat FH UI di Ngariboyo. Dirinya berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan oleh Universitas lain agar meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM) aparatur pemerintah khususnya Desa. ” Atas nama pribadi dan Pemerintah kecamatan Ngariboyo saya ucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh tim dari Fakultas hukum UI, semoga ilmu yang diberikan kepada kami semua dapat bermanfaat,” ungkap Kuswinardi.

Sebagai informasi, selain ketiga narasumber tim pengabdian masyarakat FH UI juga dibersamai 5 (lima) mahasiswa yang tengah menempuh semester 6 (enam) di FH UI.

Berita ini 109 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Sedekah Telor Disnakan, Disiapkan 625 Kg Untuk Maskin, Warga Isoman Hingga Relawan Covid-19

Berita Update

Dinas PUBM Prov Jatim Belum Beber Dana Perbaikan Talud Ambrol Jalur Pacitan – Wonogiri.

Berita Update

Bupati Pacitan Angkat Bicara Terkait Beras Bantuan Tak Layak Makan.

Berita Update

Lantik 341 ASN, Bupati Madiun : Semoga Berkah dan Bermanfaat.

Berita Update

Kode Keras DPRD Pacitan, Polemik Siswa Minim Dukungan Berlaga Di Porseni Tulungagung.

Berita Update

Eko Pamuji Mundur Dari Pencalonan Ketua PWI Jawa Timur.

Berita Update

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Hingga 24 Januari.

Berita Update

Wali Kota Madiun Ingatkan Pentingnya Pancasila.