• Jual Murah Camera DSLR Merk Nikon D3200 Rp 1.950.000,- Hubungi 081-335-326-942
  • Axel Florist Penyedia Papan Ucapan Karangan Bunga Ternama Di Madiun Raya. Hubungi 081-335-326-942
  • Marketing Iklan Baris 081-335-326-942. * Harga Rp 49.000 Per Tayang Durasi 1 Minggu

Home / Berita Update

Minggu, 5 Desember 2021 - 08:20 WIB

Gunung Semeru Lumajang Luncurkan Awan Panas

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, (BPBD Kabupaten Lumajang).

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, (BPBD Kabupaten Lumajang).

LUMAJANG (Jatimnesia.com )- Aktivitas vulkanik Gunung semeru di Kabupaten Lumajang meningkat. Guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo pada Sabtu (4/12).

Kronologi kejadian yang diamati dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, getaran banjir lahar atau guguran awan panas tercatat mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter seperti lansiran bnpb.go.id,.

Pada pukul 15.10 WIB, PPGA Pos Gunung Sawur kemudian melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas sangat jelas teramati mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang. Selain itu, laporan visual dari beberapa titik lokasi juga mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik.

Baca Juga :  Layanan RSUD Dr Darsono Pacitan Disoal Dewan.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepajang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan.

Baca Juga :  Bupati Pacitan Ngantor Di Kecamatan Donorojo.

Anggota BPBD Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan lainnya segera menuju lokasi kejadian di sektor Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat.

Tim BPBD Kabupaten Lumajang saat ini tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Berita ini 17 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Magetan Hibahkan Tanah Aset Kepada UNESA.

Berita Update

Ke Magetan, Kajati Jatim Resmikan 18 Rumah Restorative Justice.

Berita Update

Hama Potong Leher Serang Lahan Padi Di Pacitan.

Berita Update

DPRD Tunggu Gereget Pemkab Pacitan Atasi Banjir.

Berita Update

Bupati Ponorogo Janjikan Warga Difabel Masuk BPJS.

Berita Update

Kapolres Madiun Berikan Reward Kepada Anggota Berprestasi.

Berita Update

Capaian Vaksinasi Presisi Tertinggi, Kapolres Magetan Ganjar Penghargaan Forkopimca Dan Tokoh Agama Plaosan.

Berita Update

Polres Pacitan Tindak Tegas Pelanggar Hukum Malam Tahun Baru.