Home / Berita Update

Minggu, 5 Desember 2021 - 08:20 WIB

Gunung Semeru Lumajang Luncurkan Awan Panas

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, (BPBD Kabupaten Lumajang).

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, (BPBD Kabupaten Lumajang).

LUMAJANG (Jatimnesia.com )- Aktivitas vulkanik Gunung semeru di Kabupaten Lumajang meningkat. Guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo pada Sabtu (4/12).

Kronologi kejadian yang diamati dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, getaran banjir lahar atau guguran awan panas tercatat mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter seperti lansiran bnpb.go.id,.

Pada pukul 15.10 WIB, PPGA Pos Gunung Sawur kemudian melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas sangat jelas teramati mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang. Selain itu, laporan visual dari beberapa titik lokasi juga mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Harga Sembako Di Pacitan Masih Stabil.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepajang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan.

Baca Juga :  Disdagnaker Pacitan Bantah Naikan Sewa Lot dan Kios Pasar Minulyo.

Anggota BPBD Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan lainnya segera menuju lokasi kejadian di sektor Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat.

Tim BPBD Kabupaten Lumajang saat ini tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Magetan Kembali Turun Level II.

Berita Update

Ke Madiun, Gubernur Jatim Kenalkan Desa Devisa.

Berita Update

Ratusan BUMDes Di Ponorogo Belum Berbadan Hukum.

Advertorial

Dikemas Jalan Sehat, Pemkab Ngawi Gencar Sosialisasi Larangan Peredaran Rokok Ilegal.

Berita Update

Di Ngawi, 220 Personil Gabungan Dilibatkan Operasi Keselamatan Semeru 2022.

Berita Update

Rumah Terbakar, Kakek Di Ponorogo Tewas Terpanggang.

Berita Update

Ratusan Dosis Vaksin Astrazeneca Terancam Kadaluarsa.

Berita Update

Polresta Madiun Gerebek Pabrik Miras.