Home / Berita Update / Pemerintahan

Minggu, 10 April 2022 - 13:09 WIB

Hemat Anggaran Hingga 70%, SiLPA Magetan Tahun 2021 Capai Rp 363 Miliar.

Bupati Magetan, Suprawoto. ( Joko Nugroho/Magetan).

Bupati Magetan, Suprawoto. ( Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Belanja Tahun Anggaran (TA) 2021, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan menyisakan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (SiLPA) sebesar Rp 363 Miliar.

Angka ini diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Yayuk Sri Rahayu, kepada Jatimnesia.com, Rabu (6/4) lalu.

Jika mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, SiLPA tahun sebelumnya merupakan penerimaan pembiayaan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan Pemerintah.

Baca Juga :  Satpol PP Magetan Dikucuri DBHCHT Rp 2,1 Miliar.

Diantaranya, menutup defisit anggaran apabila realisasi pendapatan lebih kecil daripada realisasi belanja, mendanai pelaksanaan kegiatan lanjutan atas beban belanja langsung serta mendanai kewajiban lainnya yang sampai dengan akhir tahun anggaran belum diselesaikan.

Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan jika SiLPA Magetan TA 2021 bersumber dari Pelampauan pendapatan dari target yang ditetapkan. ” Di Magetan kita melampaui target sebesar 28%,” jelas Suprawoto, Minggu (10/4).

Baca Juga :  Mencuat Isu Pungli, Dinas Perkim Sisir Penerima RTLH.

Selain lampuan Pendapatan, tumpukan SiLPA juga bersumber dari penghematan sekitar 70% dari belanja Modal. ” Misal sebuah proyek anggaran 100% bisa dihemat sampai 20%. Itu setiap satu proyek, berapa proyek saja. Dan juga kegiatan yang lain dihemat misal dana BTT Covid-19, perjalanan dinas (mobilitas karena covid dibatasi) masih banyak program lain, serta pelampauan netto sebesar 2%.” pungkas Bupati Magetan.

Berita ini 78 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Waspada Penjarahan, Polda Jatim Kirim Personil Ke Lumajang.

Berita Update

Keripik Tempe Ngawi Jadi Buruan Pemudik.

Berita Update

Oleh – Oleh Khas Madiun Diburu Pemudik.

Berita Update

Dikpora Magetan Rehab 44 Sekolah.

Berita Update

Kapolres Madiun Renovasi Rumah Mbah Dinem.

Berita Update

RSUD Magetan Beri Perhatian Khusus Penderita Jantung.

Berita Update

Pemkab Pacitan Siapkan Rp 34 Miliar Untuk THR ASN.

Berita Update

Bupati Pacitan Disahkan Jadi Warga PSHT Pusat Madiun.