Home / Berita Update / Sambang Desa

Selasa, 6 September 2022 - 17:37 WIB

Inovasi Kasun Di Pacitan, BLT Dibelikan Kambing Hingga Beranak Pinak.

Feri Nurwanto bersama Pj Kades Losari, Winardi mendatangi KPM Penerima BLT DD. ( Apriyanto/Pacitan).

Feri Nurwanto bersama Pj Kades Losari, Winardi mendatangi KPM Penerima BLT DD. ( Apriyanto/Pacitan).

PACITAN (Jatimnesia.com)- Pemanfaatan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Losari, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan patut di acungi jempol. Pasalnya, Bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari Dana Desa ( DD) tersebut oleh Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dibelikan kambing.

Inisiator program tersebut adalah Feri Nurwanto, Kepala Dusun (Kasun) Pakel, Desa Losari. ” Awalnya kami hanya memberikan arahan terkait uang BLT tersebut agar bermanfaat, jadi tidak hanya sekedar mendapatkan, tapi yang kami mau itu bisa ada dampak lain. Akhirnya kami memberikan inisiatif kepada 10 penerima, bagaimana kalau dari uang BLT yang jumlahnya tiga ratus ribu tersebut diambil seratus ribu per orang untuk dibelikan kambing, kemudian nanti sistemnya diundi secara bergantian,” kata Feri Nurwanto, Selasa (6/9).

Baca Juga :  Bupati Madiun Ajak Sinergitas Tangani Bencana.

Gayung bersambut, sejak diterapkan sistem itu saat ini kambing yang dibeli dari Bansos BLT telah menampakkan hasil. ” Allhamdullilah, masyarakat yang menerima bantuan tersebut menuruti ide kami dan saat ini terbukti hasilnya, sudah ada yang jadi 4 ekor bahkan ada yang lebih,” beber Kasun Pakel.

Salah satu warga Dusun Pakel, Paikan (60), sangat berterimakasih atas ide Kasunnya tersebut, sebab kini sejumlah warga bisa memiliki kambing dari Bansos BLT tersebut. ” Mungkin kalau pak Kasun tidak memberikan ide seperti itu uang bantuan BLT hanya akan habis tanpa hasil positif, Allhamdullilah kami di sini mengikuti ide beliau dan bisa memiliki kambing. Malah saat ini sudah ada yang menjadi 3 dan 4 ekor,” ungkapnya.

Baca Juga :  Di Kota Madiun, Gerbong Kereta Api Asli Dijadikan Area Kuliner.

Winardi, Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Losari, sangat mengapresiasi inovasi Kasun Pakel. dirinya berharap program tersebut bisa ditiru oleh wilayah lain.” Ini cukup fantastis, dimana inisiatif pak Kasun benar-benar bermanfaat dan bisa juga sebagai langkah pengentasan kemiskinan baik di desa Losari maupun di kabupaten Pacitan,” jelasnya.

Berita ini 141 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Madiun Unras Kantor DPRD

Berita Update

Magetan Genjot Vaksinasi Booster.

Berita Update

Dinas PUPR Pacitan Bakal Lelang 150 Paket Pekerjaan Jalan, Nilainya Rp 50 Miliar.

Berita Update

Dampingi Gubernur Jatim Ziarah RMT Ario Soerjo, Sujatno Ajak Teladani Semangat Juang Gubernur Soerjo.

Berita Update

PTM Magetan, Nihil Laporan Kasus Covid-19

Berita Update

Kecelakaan Kereta Kelinci Di Madiun, Nenek dan Cucu Meninggal.

Berita Update

BBM Meroket, Naik Speedboat Sarangan Rp 80 ribu/Putar.

Berita Update

Waspada Omicron, 21 Pengunjung Pasar Hewan Ngawi Jalani Rapid Tes Antigen.