Home / Berita Update / Pemerintahan

Selasa, 8 Februari 2022 - 22:03 WIB

Jumlah Warga Miskin Pacitan Naik 3 Ribu Lebih.

Ilustrasi.

Ilustrasi.

PACITAN (Jatimnesia.com)- Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan mencatat ada penambahan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Pacitan tahun 2021.

Peneliti BPS Pacitan Angga Erwina Bayu pada kegiatan Gerakan Cinta Statistik (Gelatik) 4 menyebut, pandemi COVID-19 di Kabupaten Pacitan turut berdampak dengan naiknya angka kemiskinan di Kabupaten Pacitan.“ Akibat pandemi ini jumlah penduduk miskin di Pacitan bertambah atau naik sebesar 4,17 persen atau 3,36 ribu jiwa,” kata Angga Erwina Bayu, Selasa (8/2).

Menurut Angga prosentase kemiskinan di Kabupaten Pacitan juga mengalami kenaikan. “ Kemudian untuk prosentase kemiskinan sebesar 15,11 persen atau naik 0,17 persen, tingkat eks karesidenan Madiun Pacitan masih berada di nomor dua,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tebas Korupsi Dan Torehkan Prestasi Di Magetan, Antarkan Ely Rahmawati Tempati Jabatan Aspidsus Kejati NTB.

Angota Komisi I ( satu) DPRD Kabupaten Pacitan Arif Setia Budi mengatakan, naiknya angka kemiskinan di Pacitan bersifat temporer dan bukan bersifat absolute.

Menurut legislator dari partai Demokrat ini, pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat penghasilannya menurun drastis.” Kemiskinan di Pacitan ini bukanlah kemiskinan yang absolut, tapi bersifat temporer jadi karena adanya pandemi ini banyak masyarakat yang penghasilannya menurun, ada yang diberhentikan dari pekerjaan juga,” jelas Arif Setia Budi.

Baca Juga :  11 Parpol Terima Banpol Dari Pemkot Madiun.

Lanjut Arif, dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sangat mempengaruhi kesejahteraan rakyat Pacitan. “ Jadi jangan setiap kemiskinan di maknai sebagai kemiskinan absolut, kalau di katakan bersifat absolut itu tidak benar. Karena setiap tahun program pemerintah untuk kemiskinan selalu ada seperti Bedah rumah, Program RTLH dan lainnya,” pungkasnya.

Berita ini 49 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Bantuan Paket Sembako Polres Madiun. ( Ist/Bayu Septian/Madiun)

Berita Update

Polres Madiun Bagikan Ribuan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Bencana Alam dan Pandemi Covid-19.

Berita Update

Disperindag Dan Kejari Magetan Teken MoU Pendampingan Hukum Bidang Datun.

Berita Update

Puluhan Ribu Warga Magetan Terima BLT BBM & BLT Sembako.

Berita Update

Duduki Jabatan Baru Aspidsus Kejati NTB, Forkompimda Magetan Lepas Hangat Ely Rahmawati.

Berita Update

Bupati Pacitan Ngantor Di Kecamatan Donorojo.

Berita Update

Dinilai Membahayakan, Bongkar Muat Rosok JLS Dikeluhkan Masyarakat.

Berita Update

Penyaluran BPNT Ponorogo Diambil Alih PT. POS Indonesia.

Berita Update

Lelang Jabatan Pemkab Pacitan Masih Sepi Peminat.