Home / Berita Update / Hukum & Kriminal

Rabu, 23 Maret 2022 - 18:49 WIB

Kejari Magetan Lounching Rumah Restorative Justice

Peresmian Rumah Restorative Justice oleh Bupati Magetan Suprawoto. ( Joko Nugroho/Magetan).

Peresmian Rumah Restorative Justice oleh Bupati Magetan Suprawoto. ( Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan melaunching Rumah Restorative Justice bernama ” Omah Rembug “ di desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati, Rabu (23/3).

Hadirnya Rumah Restorative Justice diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ditengah masyarakat hingga tidak sampai berakhir di tahap selanjutnya.

” Tujuanya, jika terjadi permasalahan hukum pada masyarakat bisa kita selesaikan di rumah restorative justice ini, tidak perlu ke tahap – tahap berikutnya, melalui peran tokoh masyarakat, tokoh adat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, kita cukup selesaikan masalah dirumah ini,” kata Atik Rusmiarty, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari ) Magetan.

Dijelaskan Atik, klasifikasi perkara yang dapat dilakukan Restorative Justice jika ancaman hukuman dibawah lima tahun, kerugian dibawah Rp 2,5 juta, bukan residivis dan baru pertama kali melakukan tindak kejahatan. ” Syaratnya mereka saling mau memaafkan, adanya ganti kerugian tentunya dengan klasifikas yang saya sebutkan tadi. Di Propinsi Jawa Timur Rumah Restorative Justice adalah yang ke sembilan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Polresta Madiun Ganjar Penghargaan Satpam Dan Pengamanan Publik.

Sementara, Bupati Magetan Suprawoto, berharap adanya Rumah Restorative Justice ini dapat menciptakan guyup rukun antar warga setempat, dan tidak ada lagi permasalahan yang berujung ke jeruji besi. ” Kita hidup didesa bertetangga, terlalu rugi jika ada permusuhan hingga turun temurun, kasus pidana itu khan dendamnya terus menerus, semoga adanya Rumah restorative justice dapat menciptakan kedamaian antar sesama,” harapnya.

Baca Juga :  Rudenim Surabaya Kejar WNA Palestina Yang Kabur.

Kapolres Magetan, AKBP Yakhob Silvana Delareskha, mengaku sangat berterima kasih kepada Kejari Magetan atas hadirnya rumah restorative justice di Kabupaten Magetan, karena akan membantu kinerja Polri menciptakan Kamtibmas. ” Terima kasih atas hadirnya rumah restorative justive dari Kejaksaan Magetan, karena dapat membatu kepolisian, kita juga ada restorative justive seperti kejari magetan,” tegas Yakhob Silvana Delareskha.

Sebagai informasi, lounching Rumah Restorative Justice di Desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati oleh Kejari Magetan dihadiri Ketua DPRD Magetan, Sujatno, Kepala OPD serta sejumlah Camat di Kabupaten Magetan.

Berita ini 160 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Dugaan Suap Liga 3 Jatim, Komdis Asprov PSSI Jatim Laporkan Oknum Ke Polda.

Berita Update

Isu Hepatitis Akut Belum Pengaruh Kunjungan Wisata di Ngawi.

Berita Update

Satpol PP Ngawi Minta PKL Tidak Jualan di Trotoar.

Berita Update

Legislator Senayan Beber Dampak CSR di Pacitan.

Berita Update

Magetan Raih Investment Award Tahun 2021.

Berita Update

Wereng Serang Lahan Padi Di 7 Kecamatan

Berita Update

Tangani PMK, Disnakan Magetan Minta Anggaran Rp 500 Juta Lebih.
Barang Bukti Narkoba Jenis Sabu - Sabu Milik Tersangka. ( Ferdy/Ngawi).

Berita Update

Polres Ngawi Bekuk Pemulung Budak Sabu.