Home / Berita Update / Pariwisata

Minggu, 30 Januari 2022 - 14:05 WIB

Kisah Dibalik Sebutan Pacitan Kota 1001 Goa.

Landmark Pacitan Kota 1001 goa terpampang di salah satu jembatan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan. ( Apriyanto/Pacitan)

Landmark Pacitan Kota 1001 goa terpampang di salah satu jembatan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan. ( Apriyanto/Pacitan)

PACITAN– (Jatimnesia.com)- Julukan sebagai kota 1001 goa sudah melekat pada Kabupaten Pacitan. Nama itu tersirat dari banyaknya lubang alam yang masuk ke permukaan tanah di Kabupaten Pacitan.

Informasi yang diterima Jatimnesia.com, awal mula sebutan kota 1001 goa ini berkisar tahun 2004 silam, konon pencetus julukan 1001 goa adalah almarhum Soerodo Djariwasisto Endro Waluyo, salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pacitan, Johan Perwiranto mengamini kisah tersebut. ” Dulu wacana itu sama almarhum Pak Endro pernah diobrolkan bersama pejabat Pemkab Pacitan. Tapi saat itu gagasannya adalah kota 1000 goa, gagasan pak Endro itu langsung ditanggapi positif, kala itu oleh sekretaris daerahnya masih pak Sudjiman,” ungkap Johan Perwiranto, Minggu (30/1).

Baca Juga :  Dewan Magetan Menilai Taman Garuda Program Gagal.

Namun, ketika julukan kota 1000 goa dilaunching tahun 2004 ternyata mengalami kesamaan dengan wilayah lain karena sudah di pakai Kota Tuban. Sehingga harus merubah julukan lagi menjadi 1001 goa. ” Awalnya 1000 goa, karena sudah di pakai Kota Tuban maka sama pak Endro dirubah menjadi 1001 goa, tapi waktu itu saya menyarankan karena 1001 itu identik dengan buku ramalan mimpi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Di Pacitan, Pengunjung Obyek Wisata Dibatasi 75%.

Kini jargon itu terus diperkenalkan diberbagai kesempatan, bahkan sudah banyak tulisan 1001 goa terpampang diberbagai lokasi salah satunya di jembatan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan.

Berita ini 134 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Advertorial

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi Launching Aplikasi Srigati .

Berita Update

Tahun Ini, Bupati Ngawi Targetkan 500 Ha Lahan Pertanian Beralih Ke Pupuk Organik.

Berita Update

Tahun 2021, Polres Magetan Ungkap 183 Kasus.

Berita Update

Disnakan Magetan Lacak Informasi Sapi Positif PMK Dibawa Ke Jateng.

Berita Update

Di Madiun, Ibu Kandung Tega Cekik Bayinya Pakai Celana Dalam Hingga Tewas.

Berita Update

Kejari Magetan Pulihkan 2 Hektar Tanah Aset

Advertorial

Satpol PP & Damkar Magetan Ingatkan Sanksi Berat Pengedar Rokok Ilegal.

Berita Update

Harkitnas, Pemkot Madiun Optimis Madiun Kembali Bangkit.