Home / Berita Update / Pemerintahan

Jumat, 16 September 2022 - 18:01 WIB

Magetan Optimis Raih Swasti Saba Wistara Ke Empat.

Tim Verifikasi KKS Melakukan Kunjung Lapang Di SMPN 3 Plaosan. ( Joko Nugroho/Magetan).

Tim Verifikasi KKS Melakukan Kunjung Lapang Di SMPN 3 Plaosan. ( Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Optimis bisa mendapatkan predikat Kabupaten/Kota Sehat (KKS) atau Swasti Saba dengan kategori Wistara di tahun 2023.

Hal ini diungkapkan saat kunjungan tim Verifikasi lapangan di SMP Negeri 3 Plaosan yang masuk dalam katagori tatanan sekolah sehat. ” Kita mengajukan sepuluh tatanan untuk swasti Saba Wistara, ” kata Toto Aprijianto, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan, Jum’at (16/9).

Sebanyak 5 orang Tim Verifikasi lapangan dari Propinsi Jawa Timur melihat langsung tiga titik sampel kategori, yaitu Masjid Bani Solan mewakili tatanan Keagamaan sehat, Desa Bulu, Kecamatan Sukomoro mewakili tatanan masyarakat sehat serta SMP Negeri 3 Plaosan yang mewakili tatanan sekolah sehat. ” Tim Verifikasi Pemprov Jatim melihat bagaimana administrasinya, bagaimana kondisi fisik di sini, bagaimana pengelolaan sampah, bagaimana inovasinya, dan juga bagaimana dengan tempat UKS nya, ” jelas Toto Aprijianto.

Baca Juga :  Berburu Barang Bekas, Ke Pasar Punthuk Kota Madiun Saja.

Toto Aprijianto berharap sejumlah perwakilan yang ditunjukan kepada Tim Verifikasi tersebut akan mendapatkan nilai yang baik. ” Kita harus optimis. Kemarin di bedah itu kita sudah hampir 90 ke atas nilainya, sudah tidak ada yang di bawah 90. Tapi tetap kita minta pertimbangan dari provinsi apa yang mungkin dirasa kurang, ” beber Kabid Kesmas Dinkes Magetan.

Dengan nilai yang baik, dirinya berharap akan mampu membawa Magetan memperoleh gelar Swasti Saba Wistara yang ke empat kalinya tahun 2023 mendatang. ” Harapan kami Kabupaten Magetan kembali meraih Swasti Saba Wistara di tahun 2023, ” pungkas Toto Aprijianto.

Sementara itu, Ika Puspita Sari, salah satu tim verifikasi dari Propinsi Jawa Timur dalam sambutannya di SMP 3 Plaosan mengingatkan segala masukan yang diberikan oleh verifikator sifatnya membangun agar lebih baik lagi. “” Jadi nanti jika dalam proses baik verifikasi dokumen ataupun kunjungan lapangan ada hal-hal yang perlu diperbaiki itu adalah sifatnya membangun untuk lebih baik lagi, ” ucapnya.

Baca Juga :  DPRD Pekalongan Kunker Ke MPP Magetan.

Sebagai informasi, Kabupaten Magetan telah tiga kali menyabet Swasti Saba Atau Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat Wistara dari Pemerintah Pusat.

Swasti Saba sendiri terbagi dalam tiga tingkatan, yakni pemantapan (Padapa), pembinaan (Wiwerda) dan pengembangan (Wistara). Swasti Saba Wistara pertama disabet Pemerintah kabupaten Magetan Tahun 2015, selanjutnya Tahun 2017 dan Tahun 2019. Prestasi ini menjadi lebel Kabupaten Magetan merupakan KKS yang diakui Pemerintah pusat.

Berita ini 72 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Harkitnas, Pemkot Madiun Optimis Madiun Kembali Bangkit.

Berita Update

Bupati Pacitan Senang SBY Pulang Kampung

Berita Update

Cegah Korupsi, Bupati Ponorogo Tempatkan Jaksa Kejati Jadi Kabag Hukum.

Berita Update

Sarpras Olahraga Di Pacitan Jadi Sorotan DPRD.

Berita Update

Peringatan Hardiknas Kota Madiun, Wali Kota : Dunia Pendidikan Jangan Tidur!

Berita Update

Calon Tunggal Direktur RSUD Magetan Dilantik Bupati Suprawoto.
Jenasah Maryanto di lokasi kejadian. ( St/Ponorogo)

Berita Update

Ada Mayat Laki- Laki Disungai Buntung Ponorogo.

Berita Update

Polisi Sterilisasi Gereja- Gereja Di Magetan.