Home / Advertorial / Berita Update / Hukum & Kriminal

Minggu, 30 Oktober 2022 - 18:17 WIB

Pergoki Peredaran Rokok Ilegal Di Magetan Hubungi 1500-225.

Sejumlah Narasumber Pada Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal Di Kecamatan Karangrejo. (Joko Nugroho/Magetan)

Sejumlah Narasumber Pada Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal Di Kecamatan Karangrejo. (Joko Nugroho/Magetan)

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Ratusan warga menghadiri Talkshow  bertema Sosialisasi pencegahan peredaran rokok Ilegal yang di selenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Magetan di lapangan desa Pelem, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Sabtu (29/10).

Dalam sambutannya, Kepala Satpol PP dan Damkar (Kasatpol PP dan Damkar) Kabupaten Magetan, Rudi Harsono, mengatakan,  Tujuan sosialisasi ini supaya masyarakat Magetan mengetahui ciri-ciri rokok Ilegal. ” Supaya masyarakat mengetahui dan paham betul ciri-ciri rokok Ilegal serta sanksi hukum bagi produsen maupun pengedar rokok Ilegal, ” jelasnya.

Rudi Harsono berharap, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pencegahan peredaran rokok illegal tersebut dengan cara menghubungi Aparat Penegak Hukum (APH) setempat atau menghubungi  Call center : 1500225 apabila menemukan peredaran rokok Ilegal. ” Harapannya akan muncul partisipasi aktif masyarakat dalam mencegah peredaran rokok Ilegal di Magetan, ” harap Kasatpol PP dan Damkar Magetan.

Baca Juga :  Kasus Sapi Terinveksi PMK Di Magetan Terus Bertambah, Jadi 25 Ekor.

Talkshow menghadirkan sejumlah narasumber dari Kantor Bea Cukai Madiun, Kejaksaan negeri Magetan serta Kepolisian Resor (Polres) Magetan guna menjelaskan kepada masyarakat terkait ciri-ciri rokok Ilegal sekaligus sanksi hukum bagi yang terbukti melanggar.

Petugas Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama kantor Bea Cukai Madiun Yohanes Roma Parulian Silalahi membeberkan ciri-ciri rokok Ilegal kepada masyarakat dengan dengan Jargon 2P-2B. ” Ciri-cirinya biar masyarakat gampang mengetahui kita punya jargon yaitu dua P dan dua B  yang berarti Polos, Palsu, Bekas, dan Berbeda, ” tuturnya.

Baca Juga :  Festival Pamelo Magetan Tarik Penikmat Jeruk Luar Kota.

Sanksi hokum peredaran rokok ilegal tertuang dalam pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 tahun 2007 Tentang Cukai yang menyebutkan, menawarkan atau menjual rokok polos atau rokok tanpa cukai terancam pidana penjara 1 sampai 5 tahun, dan/atau pidana denda 2 sampai 10 kali nilai cukai yang harus di bayar. [Adv]

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Kejari Magetan Lounching Rumah Restorative Justice

Berita Update

Proyek Jembatan Kentangan-Bogem Diterjang Banjir.

Berita Update

Ratusan Mobil VW Ikut Gelaran Madiun VolksWeekend.

Berita Update

Pencipta Orek-Orek Berharap Tarian Khas Ngawi Tidak Punah.

Berita Update

Keluhan Warga Pacitan Terkait Kondisi Jalan Rusak.

Berita Update

Longsor Timpa Rumah Warga Pacitan.

Berita Update

Hamil Duluan Jadi Pemicu Pernikahan Dini Di Ponorogo.

Berita Update

Mahasiswa KSM UNISMA Sosialisasi Layanan Gugatan Mandiri Kepada Para Pencari Keadilan Di PA Magetan.