Home / Berita Update / Pendidikan

Jumat, 15 Oktober 2021 - 17:36 WIB

Permendikbud 6/ 2021 Sekolah Wajib Umumkan Dana BOS, Bagaimana di Kabupaten Magetan?

Magetan (Jatimnesia.com) – Sejumlah lembaga sekolah di Kabupaten Magetan diketahui tidak mempublikasikan secara terbuka penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada masyarakat.

Padahal sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2021 pihak sekolah wajib mengumumkan secara terbuka penerimaan dan penggunaan dana BOS.

Pantuan Jatimnesia.com , sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak dapat menunjukan papan pengumuman penggunaan dana BOS. Mereka berdalih telah dicopot atau terlepas. ” Dulu ada sekarang rusak, tapi sekarang sudah tidak ada,” kata pegawai salah satu SMP di Kabupaten Magetan, Jumat (15/10).

Baca Juga :  Apa Kabar Pemekaran Dua Desa Kecamatan Tulakan Pacitan?

Karena tidak adanya papan informasi, transparasi penggunaan dana BOS Kabupaten Magetan yang mengalir ke sekolah tiap tahun terkesan tertutup bagi masyarakat.

Selain patut diduga melanggar Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 ketiadaan informasi dana BOS disekolah – sekolah juga bertabrakan dengan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik ( KIP).

Baca Juga :  Petani Magetan Keluhkan Pupuk Menghilang Dipasaran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, Suwata, mengaku akan meminta Kepala sekolah (Kepsek) memasang pengumuman belanja dana BOS tersebut. ” Prinsip saat sosialisasi sudah kita minta agar dalam pengelolaan dana BOS tetap berpedoman pada Juknis yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud diantaranya pasang pengumuman penggunaan dana BOS, kalau masih ada yang belum memasang pengumuman kita ingatkan kembali,” ujar Suwata.

Berita ini 39 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Jalan Tembus Pacitan – Wonogiri Amblas.

Berita Update

Disperindag Magetan Gencar Pengawasan HET Migor.

Berita Update

12 Finalis Bakal Berlaga Dimalam Grand Final Duta Genre Magetan 2022.

Berita Update

Gubernur Jatim Apresiasi Kebangkitan Kota Madiun.

Berita Update

Anggaran Rp 500 Juta Mengalir Ke Kebun Buah Srogo Magetan

Berita Update

Calon Tunggal Direktur RSUD Magetan Dilantik Bupati Suprawoto.

Berita Update

Hari Jadi Pacitan, Warga Lempar Ide Cerdas Cermat Antar Kaur Desa.

Berita Update

Stok Blangko e-KTP Dukcapil Ngawi Tinggal 10 Hari.