Home / Berita Update / Pemerintahan

Selasa, 30 Agustus 2022 - 16:29 WIB

Permudah Masyarakat Dapat Bantuan Hukum, PN Magetan Launching Aplikasi SiLAwU.

Lalu Moh. Sandi Iramaya, Ketua PN Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

Lalu Moh. Sandi Iramaya, Ketua PN Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Pengadilan Negeri (PN) Magetan melaunching aplikasi bertajuk SiLAwU (Konsultasi Informasi Layanan Bantuan Hukum).

SiLAwU merupakan layanan digital yang memudahkan masyarakat Kabupaten Magetan berinteraksi dengan Advokat di Pos bantuan hukum (Posbakum) PN Magetan. ” Melalui aplikasi ini masyarakat magetan dapat berinteraksi secara virtual melalui chat yang nantinya akan direspon oleh para advokat yang bertugas di Posbakum Pengadilan Negeri Magetan, ” kata Lalu Moh. Sandi Iramaya, Ketua PN Magetan, Selasa (30/8).

Dipaparkan Lalu, aplikasi ini diperuntukan bagi masyarakat membutuhkan bantuan hukum advokat namun terkendala biaya.” Beragam layanan dapat di akses masyarakat melalui aplikasi SiLAwU di antaranya pemberian konsultasi, informasi, advis (nasehat) hukum atau bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, ” jelas Ketua PN Magetan.

Baca Juga :  Jelang HUT Ke 347, Sedot APBD Rp 198 Juta Untuk Bersolek Kantor Pemkab Magetan.

Masyarakat yang ingin mengakses layanan cukup melalui laman website PN Magetan dan tidak perlu datang ke kantor. ” Cukup mengakses layanan aplikasi SiLAwU melalui website Pengadilan Negeri Magetan, selanjutnya masyarakat dapat melakukan interaksi virtual secara gratis, ” beber Lalu Moh. Sandi Iramaya.

PN Magetan menggandeng perkumpulan advokat Magetan untuk mengoperasikan beragam layanan bantuan hukum yang tercantum para aplikasi SiLAwU tersebut. ” Prinsipnya kami pengadilan negeri Magetan hanya menyediakan sarana dan aplikasi. Untuk operasionalnya dilaksanakan sepenuhnya oleh para advokat yang bertugas di Posbakum Pengadilan Negeri Magetan, ” ungkap Ketua PN Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto yang turut hadir dalam launching SiLAwU mengapresiasi inovasi yang digagas PN Magetan tersebut. Menurutnya aplikasi ini mampu memenuhi tuntutan jaman yaitu kecepatan, Networking dan Efisiensi. ” Karena ini menjawab era digital saat ini, ” ujar Bupati Magetan.

Baca Juga :  Ratusan Guru PPPK Terima SK Bupati Magetan.

Aplikasi SiLAwU kini menambah daftar layanan digital yang dimiliki PN Magetan selain yang telah beroperasi saat ini Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Online, Aplikasi Ramah Difabel Netra (ARATRA), Sarana Informasi Ramah Pengadilan (Sarangan) serta Sistem Pengiriman Dokumen Dakwaan & Tuntutan (Sidatu).

Selain Bupati Suprawoto, launching SiLAwU PN Magetan yang digelar di ruang jamuan Pendopo Surya Graha tersebut juga dihadiri Wakil bupati (Wabup) Magetan Nanik Endang Rusminiartini serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dilingkup Pemkab Magetan serta Perkumpulan Lawyer Magetan.

Berita ini 59 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Ada 8 ASN Magetan Terpapar Covid-19.

Berita Update

Dikukuhkan Jadi Ketua TPPS, Wabup Madiun Ditarget Turunkan Stunting Dibawah 14%.
Kopikir Magetan Gelar Aksi Kesehatan

Berita Update

Kopikir Magetan Gelar Aksi Peduli Kesehatan.

Berita Update

Polresta Madiun Gerebek Pabrik Miras.

Berita Update

Di Kota Madiun, Ledakan Jumlah Terpapar Covid-19 Masih Tinggi.

Berita Update

Magetan Dikucuri DD Rp 172 Miliar, 40 % Wajib Untuk BLT.

Berita Update

Peserta Latpim Kemenag Banjarmasin Studi Lapang Inovasi Jek-Mil Puskesmas Bendo.

Berita Update

Piramida Polres dan Awak Media Di Ngawi.