Home / Berita Update / Kesehatan

Selasa, 12 Juli 2022 - 10:46 WIB

Ratusan Warga Magetan Terpapar TBC dan HIV

Suwantiyo, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

Suwantiyo, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN (Jatimnesia.com) -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan mencatat hingga periode Juni 2022, jumlah penderita Tuberkolusis (TBC) serta Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency (HIV/AIDS) di Kabupaten Magetan mencapai ratusan orang.

Total jumlah penderita TBC kurang lebih 308 penderita, sedangkan HIV/AIDS sebanyak 290 penderita. ” Penderita TBC itu ada 308, untuk HIV ada 290 kasus di magetan,” kata Suwantiyo, Kepala Bidang (Kabid) Pegendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan, Senin (11/7).

Menurut Suwantiyo, kantong penyebaran TBC dan HIV berada di wilayah Kecamatan Magetan dan Kecamatan Panekan. ” Untuk TBC paling banyak di Kecamatan panekan sedangkan HIV terbanyak di Kecamatan Magetan,” ungkapnya.

Baca Juga :  axelflorist hadir di Magetan.

Dinkes Kabupaten Magetan berjibaku memutus penyebaran TBC dan HIV. Selain screaning juga edukasi terkini Dinkes Magetan mengajukan Rancangan Peraturam Daerah (Raperda) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan terkait TBC dan HIV.

” Memang Dinkes Magetan mengajukan Raperda berdasarkan aturan dari Kementerian Kesehatan bahwa peran daerah itu harus mendukung pelaksanaan kegiatan penanganan TBC dan HIV,” tambah Kabid P2P Dinkes Magetan.

Baca Juga :  Koran Memo Jawara Magetan Media Award 2021

Diharapkannya Perda tersebut nantinya akan memberikan arahan dan penguatan hukum tekait pelayanan TBC dan HIV di Kabupaten Magetan. ” Paling tidak kita bisa memberikan arah kegiatan dan penguatan hukum untuk pelaksanaan kegiatan pelayanana TBC dan HIV di kabupaten Magetan,” pungkas Suwantiyo.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Magetan Suprawoto melalui Wakil Bupati (Wabup) Magetan menyerahkan draft dua Raperda Kepada DPRD Magetan, Jumat (8/7). Dari dua draft tersebut salah satunya terkait TBC dan HIV/AIDS.

Berita ini 108 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Perumdam Lawu Tirta Magetan Hattrick Penghargaan Top BUMD Awards 2022.

Berita Update

Ramai dibicarakan Adanya Polisi Tidur di Magetan, Ini Dasar Hukumnya!

Berita Update

Jelang HUT Ke 347, Sedot APBD Rp 198 Juta Untuk Bersolek Kantor Pemkab Magetan.

Berita Update

Setelah Menunggu 2 Tahun, Ratusan CJH Magetan Bertolak Ke Tanah Suci.

Berita Update

Ijin Operasional 6 Karaoke di Magetan Kadaluarsa.

Berita Update

PKL Telaga Ngebel Bakal Direlokasi Pemkab Ponorogo.

Berita Update

Rumah Kosong Ditinggalkan Ibadah Tarawih, Polres Magetan Tingkatkan Keamanan.

Berita Update

PAD Kebun Refugia Magetan Baru Tercapai 50%.