Home / Berita Update / Hukum & Kriminal

Selasa, 15 November 2022 - 12:10 WIB

Ribuan BB Kejahatan Dimusnahkan Kejari Magetan.

Pemusnahan Barang Bukti Oleh Kejari Magetan bersama Forkopimda Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

Pemusnahan Barang Bukti Oleh Kejari Magetan bersama Forkopimda Magetan. ( Joko Nugroho/Magetan).

MAGETAN [Jatimnesia.com] – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Magetan memusnahkan 1.167 Barang Bukti (BB) kejahatan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht), Selasa (15/11).

Barang bukti (Barbuk) tersebut merupakan hasil rampasan dari tindak kejahatan periode September 2021 – November 2022. ” Mulai September 2021 sampai dengan November 2022, berjumlah 83 berkas perkara dengan jumlah item barang bukti sebanyak 1.167 buah yang akan dimusnahkan, ” kata Atik Rusmiaty Ambarsari, Kepala Kejari (Kajari) Magetan, Selasa (15/11).

Barbuk yang dimusnahkan diantaranya Narkotika jenis sabu sebanyak 18 paket dengan total 11.6 gram, alat-alat yang digunakan untuk mengkonsumsi narkotika, Peluru 18 butir, Uang palsu ( Upal) sebanyak 85 lembar berbagai pecahan, Senjata tajam, Jamu ilegal 38 boks , Minuman keras (Miras), 84 pasang pakaian, 30 unit lebih telepon seluler (Ponsel) serta alat – alat perjudian. ” Pemusnahan dilaksanakan dengan cara dibakar, dipotong atau dengan cara lain agar dipastikan hancur dan tidak dapat dipakai kembali ataupun disalah gunakan kembali, ” tegas Kajari Magetan.

Baca Juga :  Dialog Kebudayaan PWI Pusat, Bupati Magetan Beber Sejarah Magetan.

Atik Rusmiaty Ambarsari mengatakan, dalam setahun terakhir perkara kejahatan yang paling marak adalah kasus pencurian. ” Selama satu tahun ini perkara yang paling menonjol adalah pencurian, ” ungkapnya.

Namun, secara global angka kejahatan menurun jika dibanding Tahun 2021 lalu meskipun penutup tahun tinggal satu setengah bulan lagi. ” Terlihat adanya penurunan di banding pada tahun 2021, dengan menurunnya jumlah perkara di bandingkan tahun lalu hal tersebut memperlihatkan adanya bukti keberhasilan aparat hukum dalam penanganan suatu perkara pidana ataupun yang dilakukan dengan cara alternatif misal dengan restorative justice, ” pungkas Kajari Magetan.

Baca Juga :  Stok Darah PMI Magetan Aman.

Sebagai informasi, pemusnahan barang bukti Kejari Magetan dihadiri Wakil bupati (Wabup) Magetan Nanik Endang Rusminiartini, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, Ketua Pengadilan Negeri Magetan Lalu Moh. Sandi Iramanya, Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Magetan.

Berita ini 34 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Kasus Varian Omicron Indonesia 8 Orang.

Berita Update

3.000 Nakes Magetan Bakal Disuntik Booster 2

Berita Update

Sri Sultan HB X Mampir Ke Kota Madiun.

Berita Update

Permudah Masyarakat Dapat Bantuan Hukum, PN Magetan Launching Aplikasi SiLAwU.

Berita Update

SMPN 1 Barat Kabupaten Magetan Gelar Diklat Jurnalistik

Berita Update

Terjaring OTT KPK, PWI Anulir Penghargaan Wali Kota Bekasi.

Berita Update

Duit BOS Magetan Capai Rp 55 Miliar.

Advertorial

Dikemas Jalan Sehat, Pemkab Ngawi Gencar Sosialisasi Larangan Peredaran Rokok Ilegal.