Home / Advertorial / Berita Update / Hukum & Kriminal

Minggu, 28 Agustus 2022 - 07:33 WIB

Satpol PP & Damkar Magetan Ingatkan Sanksi Berat Pengedar Rokok Ilegal.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan, Rudi Harsono Memberikan Paparan Larangan Peredaran Rokok Ilegal. ( Joko Nugroho/Magetan)

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan, Rudi Harsono Memberikan Paparan Larangan Peredaran Rokok Ilegal. ( Joko Nugroho/Magetan)

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan gencar mensosialisasikan larangan peredaran rokok ilegal kepada masyarakat. Akibat buruk peredaran rokok haram tersebut dituding menyebabkan kerugian negara yang selanjutnya akan berdampak pula pada kesejahteraan rakyat.

Bupati Magetan, Suprawoto, berharap warga Kabupaten Magetan yang memiliki hobi menghisap rokok dapat membeli produk – produk tembakau yang dilengkapi pita cukai. ” Tolong beli rokok yang legal, sehingga anda bisa memasukkan pajak ke negara, kalau tidak yang dirugikan adalah negara, ” kata Suprawoto, Sabtu (27/8).

                  Bupati Magetan Suprawoto Memaparkan Pentingnya Pajak Untuk Negara. ( Joko Nugroho/Magetan).

Dibeberkan Bupati Magetan, pajak merupakan pendapatan negara yang potensial. Melalui pajak negara dapat mendukung layanan publik melalui berbagai program baik infrastruktur, sarana kesehatan serta berbagai stimulan bantuan untuk rakyat. ” Ini adalah pendapatan negara yang paling potensial,” ungkap Suprawoto.

Baca Juga :  Wabah PMK Mengganas di Magetan, 14 Sapi Mati, 9 Potong Paksa.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Magetan, Rudi Harsono berharap, melalui sosialisasi tersebut masyarakat dapat mengetahui secara detail ciri- ciri rokok ilegal yang beredar dipasaran termasuk sanksi hukum bagi produsen maupun penjajanya. ” Supaya masyarakat mengetahui dengan betul ciri-ciri rokok ilegal serta sanksi hukum bagi produsen maupun pengedar rokok ilegal,” ujarnya.

Sebagai informasi, sosialisasi larangan peredaran rokok ilegal yang digelar Pemkab Magetan melalui Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan dilaksanakan di Lapangan Abdi Praja, Kelurahan Alastuwo, Kecamatan Poncol. Ratusan warga tumpah ruah menyaksikan sosialisasi yang dikemas dengan berbagai kegiatan mulai Talkshow serta tradisi sedekah bumi warga lereng lawu tersebut.

Talkshow dengan berbagai Narasumber Terkait Dampak Hukum Peredaran Rokok Ilegal ( Joko Nugroho/Magetan).

Dalam Talkshow yang dihadiri perwakilan Kantor Bea Cukai Madiun, Kejaksaan Negeri Polres Magetan dan Kepolisian Resor Magetan tersebut Narasumber mengingatkan dampak hukum bagi masyarakat yang terlibat dalam peredaran rokok ilegal.

Baca Juga :  Pemkab Pacitan Lelang 8 Jabatan Kepala OPD.

Disebutkan pada Pasal 54 Undang-undang No 39 tahun 2007 Tentang Cukai. Setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar. (Advertorial)

Berita ini 76 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Rumah Promosi IKM, Jadi Jujugan Wisatawan Berburu Oleh – Oleh Khas Magetan.

Berita Update

Ratusan Knalpot Brong Dimusnahkan Polres Magetan.

Berita Update

Jalan Poros Kerap Banjir, DPRD Magetan Minta Dinas PUPR Segera Bertindak.

Berita Update

Aset Miliaran Eks – PNPM Di Magetan Mulai Diulik.

Berita Update

Sambut Ramadhan, Puluhan Siswa SD Di Ngawi Pawai Keliling Kampung.

Berita Update

Harga Selangit Sarpras Di Proyek KRM Dinas TPHPKP Magetan

Berita Update

Polres Madiun Bekuk Begal Payudara.

Berita Update

Sisihkan Gaji, Wartawan Ponorogo Santuni Anak Korban Covid-19.