• Jual Murah Camera DSLR Merk Nikon D3200 Rp 1.950.000,- Hubungi 081-335-326-942
  • Axel Florist Penyedia Papan Ucapan Karangan Bunga Ternama Di Madiun Raya. Hubungi 081-335-326-942
  • Marketing Iklan Baris 081-335-326-942. * Harga Rp 49.000 Per Tayang Durasi 1 Minggu

Home / Advertorial / Berita Update / Hukum & Kriminal

Senin, 25 Juli 2022 - 08:20 WIB

Satpol PP Magetan Gencar Sosialisasi Larangan Peredaran Rokok Ilegal.

Para Narasumber Talkshow Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal. (Joko Nugroho/Magetan)

Para Narasumber Talkshow Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal. (Joko Nugroho/Magetan)

MAGETAN (Jatimnesia.com)- Pemerintah kabupaten (pemkab) Magetan melalui Satuan Polisi Pamong Praja Dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Magetan menggelar sosialisasi larangan peredaran rokok ilegal, Minggu (24/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Desa Tulung, Kecamatan Kawedanan tersebut dihadiri ratusan masyarakat diwilayah Magetan selatan. Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan kolaborasi dengan Kantor Bea Cukai Madiun sebagai Narasumber sosialisasi larangan peredaran rokok tak bercukai tersebut.

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis (PKCDT) Bea Cukai Madiun, Ibnu Sigit Jatmiko menjelaskan, acara tersebut merupakan salah satu bentuk pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) khususnya sosialisasi kepada masyarakat.

” Acara ini adalah pemanfaatan dana DPCHT terutama dalam rangka penegakan hukum salah satunya sosialisasi sekarang ini, jadi maksutnya supaya masyarakat mengerti apa itu rokok yang legal dan ilegal, ” kata Ibnu Sigit Jatmiko, Minggu (24/7).

Baca Juga :  Petani Pacitan Minta Harga Pupuk Non Subsidi Terjangkau.

Kasi PKCDT Bea Cukai Madiun memastikan selama ini Kabupaten Magetan masih belum ditemukan peredaran rokok ilegal. ” Belum ada tangkapan di Magetan, yang terdekat dari Ngawi, ” tegas Ibnu Sigit Jatmiko.

Bupati Magetan Suprawoto yang hadir dalam kegiatan tersebut, berharap masyarakat mampu memahami perbedaan rokok ilegal dan legal. Diharapkan penikmat rokok bisa membeli rokok yang legal atau dilengkapi pita cukai yang sah. ” Membelilah rokok yang legal, karena anda bisa dan tetap membantu pajak negara sehingga bisa membantu kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, ” ungkap Suprawoto.

Sosialisasi dan edukasi bahaya peredaran rokok ilegal yang dikemas Talkshow tersebut juga menghadirkan perwakilan Dari Kepolisian Resor (Polres) Magetan serta Kejaksaan Negeri (Kejari)Magetan sebagai narasumber.

Baca Juga :  Geser Ke Kejari Kota Pasuruan, Mantan Kasi Pidum Kejari Magetan Jabat Kasubbagbin.

Sebagai informasi, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan bersama Kantor Bea Cukai Madiun Bea Cukai mengajak masyarakat untuk mengenali ciri-ciri rokok ilegal dengan metode sederhana, yaitu pengamatan secara langsung. Cirinya adalah rokok tanpa pita cukai, rokok dengan pita cukai bekas, rokok dengan pita cukai palsu, dan rokok dengan pita cukai salah peruntukan.

Sedangkan sanksi hukum tertuang di Pasal 54 Undang-undang No 39 Tahun 2007 tentang Cukai menyebutkan, menawarkan atau menjual rokok polos atau rokok tanpa cukai terancam pidana penjara 1 sampai 5 tahun, dan/atau pidana denda 2 sampai 10 kali nilai cukai yang harus dibayar. (Adv)

Berita ini 86 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Warga Pacitan Geger, Muncul Asap Belerang Digalian PJU.

Berita Update

4 Truk Terlibat Lakalantas di Jalur Ngawi-Mantingan.

Berita Update

Cegah Korupsi, Bupati Ponorogo Tempatkan Jaksa Kejati Jadi Kabag Hukum.

Berita Update

Pulihkan Dampak Puting Beliung, Gubernur Jatim Bantu Pemkab Madiun Rp 1 Miliar

Berita Update

Sambut Pemudik Kapolres Magetan Terapkan Prokes Ketat.

Berita Update

Ketua DPRD Minta Pemkab Selalu Hadir Ditengah- Tengah Petani.

Berita Update

Nyaru Anggota DPRD Pacitan, OTK Sebar Pesan Whatsaap Minta Sumbangan Uang.

Berita Update

Migor Curah Langka Di Kota Madiun.