Home / Berita Update

Kamis, 3 Februari 2022 - 17:41 WIB

Selama Januari Terjadi 25 Kali Gempa Di Kabupaten Pacitan.

Erwin Andriatmoko, Kalaksa BPBD Pacitan. ( Apriyanto/Pacitan).

Erwin Andriatmoko, Kalaksa BPBD Pacitan. ( Apriyanto/Pacitan).

PACITAN- (Jatimnesia.com)- Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan merinci jumlah gempa bumi selama Januari 2022.

Terhitung, jumlah gempa bumi selama Januari dengan skala kecil sebanyak 25 kali dengan kekuatan 1,9 skala richter- 4,2 skala richter.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko, memastikan tidak ada kerusakan serta korban jiwa akibat puluhan gempa selama Januari 2022 tersebut.” Gempa dengan skala kecil memang sering terjadi. Allhamdulillah, tidak ada guncangan keras yang dirasakan masyarakat, sehingga tidak ada kerusakan apapun,” kata Erwin Andriatmoko, Kamis (3/2).

Baca Juga :  Tebas Korupsi Dan Torehkan Prestasi Di Magetan, Antarkan Ely Rahmawati Tempati Jabatan Aspidsus Kejati NTB.

Bila dikaitkan dengan megathrust, Erwin Andriatmoko berharap dengan adanya gempa skala kecil maka akan mengurangi kekuatan seandainya megathrust terjadi. ” Secara umum memang kita berharap kalau dikaitkan dengan megathrust, dengan adanya gempa kecil dengan intensitas yang sering maka dengan adanya itu akan mengurangi kekuatan seandainya prediksi itu benar terjadi,” terang Kalaksa BPBD Pacitan.

Baca Juga :  Polres Magetan Lidik Dugaan Tipikor Proyek Paving Block

BPBD Kabupaten Pacitan menghimbau masyarakat khusus warga Kabupaten Pacitan agar tetap tenang jika ada informasi tidak jelas terkait dugaan – dugaan akan terjadi gempa. ” Kami menghimbau agar masyarakat tetap tenang, jangan panik dan jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita hoax,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kabupaten Pacitan merupakan salah satu wilayah yang memiliki aktivitas tektonik yang sangat aktif. Hal ini dikarenakan Pacitan merupakan wilayah yang terletak di zona konvergensi Lempeng Indo-Australia.

Berita ini 50 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Warga Berharap Pemkab Pacitan Keluarkan Regulasi Perlindungan Burung Hantu.

Berita Update

Disparbud Magetan Dikejar Deadline PAD, Kurang dua bulan Wajib Dapat Rp 5,8 Miliar.

Berita Update

Penjualan Daging Di Ngawi Tidak Berpengaruh Isu PKM.

Berita Update

MenKop Minta Pemda Dampingi UKM Agar Dapat KUR.

Berita Update

Puluhan PKL Dapat Bantuan Gerobak Dari Bupati Magetan.

Berita Update

Tiga Tahun Pemerintahan Suprawoto-Nanik

Berita Update

Penanganan Pemkab Pacitan Dinilai Belum Maksimal, Warga Pilih Swadaya Bangun Tanggul Bambu.

Berita Update

Anak Lahir Prematur, Pasutri Di Pacitan Kesulitan Biaya Perawatan.