Home / Berita Update / Kesehatan

Selasa, 30 November 2021 - 09:00 WIB

Siaga Varian Omicron, Pengawasan Bandara Juanda Diperketat.

Ilustrasi by @jatimnesia

Ilustrasi by @jatimnesia

SURABAYA (Jatimnesia.com)- Aktifitas penerbangan International dari Bandara Juanda Surabaya saat ini dibatasi. Upaya ini dilakukan sebagai antisipasi varian baru Covid-19 Omicron atau B.1.1.529.

Jubir Satgas Covid-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril Al-Farabi, mengatakan salah satu upayanya yakni memperketat akses masuk dari luar negeri. ” Baik dari Afrika Selatan atau dari negara lain kita batasi,” kata dr Makhyan Jibril Al-Farabi, Senin (29/11), dilansir dari @kominfojatim.

Satgas Covid-19 Jawa Timu juga memperketat perjalanan intenational lewat laut, menyusul pengawasan maksimal jalur udara. ” Kami juga mewaspadai masuknya orang dari luar negeri melalui jalur laut karena akses masuk dari luar negeri melalui Bandara Juanda Surabaya telah ditutup,” ungkap dr Makhyan Jibril Al-Farabi.

Baca Juga :  Pemkab Magetan Cairkan Banpol Rp 1 Miliar.

Satgas juga akan melakukan Whole Genome Sequencing (WGS) pada pasien-pasien COVID-19. Terutama yang memiliki CT Value di bawah 20. ” Selanjutnya akan kita kirim sampel WGS pasien COVID-19 yang memiliki CT Value di bawah 20 ke Institut of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair),” jelas dr Makhyan Jibril Al-Farabi.

Baca Juga :  Kejari Magetan Pulihkan 2 Hektar Tanah Aset

WGS adalah teknik komprehensif yang digunakan dalam proses pengurutan sekuens DNA menjadi suatu gambaran genom utuh (whole genome sequence) dengan menggunakan teknologi Next Generation Sequencing (NGS).

Sebagai informasi, penemuan varian Delta dan Delta Plus beberapa waktu lalu ditemukan dari seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKI yang masuk ke Jatim lewat pelabuhan. Padahal, saat itu pelabuhan telah dijaga ketat.

Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Bupati Ngawi Harap Status Guru ASN dan PPPK.

Berita Update

Pemprov Jatim Monev Proyek Pelabuhan Gelon Pacitan.

Berita Update

Polres Madiun Bekuk Begal Payudara.
Barang Bukti Ranmor Diamankan Polres Ngawi. ( Ferdy/Ngawi).

Berita Update

Razia Balap Liar, Polres Ngawi Amankan Puluhan Unit Ranmor.

Berita Update

Tangani RTLH, Bupati Ponorogo Pakai Konsep Aladin.

Berita Update

Kisah Nyata, Suami Berjuang Mempertahankan Rumah Tangga Di PA Magetan.

Berita Update

SMPN 1 Barat Kabupaten Magetan Gelar Diklat Jurnalistik

Berita Update

Ijin Operasional 6 Karaoke di Magetan Kadaluarsa.