Home / Berita Update / Pemerintahan

Rabu, 30 Maret 2022 - 14:41 WIB

Wapres Ma’ruf Amin Ke Ponorogo.

Wapres K.H. Ma'ruf Amin lawatan ke Ponorogo. ( Ist Kmf/Jatimnesia)

Wapres K.H. Ma'ruf Amin lawatan ke Ponorogo. ( Ist Kmf/Jatimnesia)

PONOROGO (Jatimnesia.com) – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Ponorogo, Rabu ( 30/3).

Dalam lawatanya ke Kota Reog, Ma’ruf Amin menyaksikan panen pisang cavendis di Desa/Kecamatan Pulung. ” Assalamualaikum¬† siang hari ini saya alhamdulilah ikut menyaksikan panen pisang cavendis di desa pulung. di Kabupaten Ponorogo ini sebagai satu pilot project yang dimulai oleh perusahaan mitra daripada masyarakat,” kata Wapres, Rabu ( 30/3).

Dikatakan Ma’ruf Amin pisang Cavendis telah berhasil dikembangkan oleh petani disejumlah propinsi di Indonesia. ” Cavendis ini sudah berhasil dikembangkan dan diekspor dikembangkan di beberapa daerah, ada di aceh, lampung, kemudian jawa timur paling banyak, blitar dan beberapa daerah lain, bahkan juga di jawa barat, garut dan sukabumi, kemudian juga di bali jembrana,” ungkapnya.

Baca Juga :  Libur Tahun Baru, Polisi Perketat Pengawasan Pacitan.

Wapres berharap masyarakat Indonesia ikut mengembangkan pisang Cavendis karena memiliki peluang pasar yang menjanjikan. ” Saya kira kita ingin holtikultura yang memiliki pasar bagus itu kita kembangkan seprti pisang cavendis ini. Menurut informasi yang saya terima, pasar ekspornya itu baru satu persen. Jadi peluang pasarnya masih bessr sekali dan ini kita ingin di dalam mengembangkan para petani, mendorong masyarakat untuk tinggal tetap di desa karena ada daya tarik dalam pengembangan pertanian,” harap Ma’ruf Amin.

Pengembangan pisang Cavendis dapat dilakukan melalui kemitraan antara pemerintah maupun Lembaga keuangan melalui program kerjasama pengelolaan dana bergulir.

Baca Juga :  Jalan Penghubung Magetan-Ngawi Ambrol.

” Mereka bisa hidup sejahtera dan dibangun kemitraan- kemitraan antara pemerintah kemudian juga pemerintah daerah, kemudian juga lembaga lembaga keuangan apa itu perbankan atau LPDB lembaga pengelola dana bergulir. Bahkan juga dari baznas yang juga tadi ikut memberikan bantuan permodalan dan ini semua dlm rangka kita pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa sekaligus juga kita mengentaskan kemiskinan ya supaya kehidupan masyarakat di desa berubah dan sedikit demi sedikit kemiskinan ini kita turunkan sebab basis kemiskinan juga banyak juga di desa-desa,” pungkas Wapres Ma’ruf Amin.

Berita ini 35 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Ratusan Anak Ikuti Khitan Massal Pemkot Madiun.

Berita Update

Edukasi Larangan Jual Rokok Ilegal, Satpol PP Pacitan dan Bea Cukai Madiun Blusukan Ke Pasar Tradisional.

Berita Update

Alat Kelengkapan DPRD Pacitan Dirombak.

Berita Update

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa Ke- 62, Kejari Magetan Gelar Pekan Olahraga Hingga Baksos.

Berita Update

Di Ngawi, 220 Personil Gabungan Dilibatkan Operasi Keselamatan Semeru 2022.

Berita Update

17 Agustus, Satlantas Magetan Hentikan Aktifitas Ranmor Selama 3 Menit.

Berita Update

Ratusan Anggota Polres Magetan Jalani Tes Urine.

Advertorial

Gandeng APH Terkait, Satpol PP Sosialisasi UU Cukai Kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas.