Home / Berita Update / Pariwisata / Sambang Desa

Selasa, 28 Juni 2022 - 12:22 WIB

Wujud Syukur, Nelayan Pacitan Gelar Larung Sesaji Ke Laut.

Masyarakat dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo mengarak sesaji menuju pantai Tawang. ( Apriyanto/Pacitan).

Masyarakat dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo mengarak sesaji menuju pantai Tawang. ( Apriyanto/Pacitan).

PACITAN ( Jatimnesia.com)- Suara kentongan berkumandang, sebagai tanda dimulainya upacara adat bersih Dusun dan Larung Sesaji di Pantai Tawang, Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Agus Sugiyanto, mengatakan jika upacara adat larung sesaji yang digelar warganya merupakan warisan leluhur sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rejeki kepada para nelayan di Desa Sidomulyo, khususnya warga Dusun Tawang Etan dan Tawang Kulon.

” Ini merupakan adat budaya dari para leluhur kami, dan larung sesaji ini merupakan sarana saja sebagai bentuk syukur kita atas rejeki para nelayan di Desa Sidomulyo khususnya Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon Desa Sidomulyo,” tegas Agus Sugiyanto, Selasa (28/6).

Baca Juga :  Protes Jalan Rusak, Warga Ponorogo Tanam Pohon Pisang

Lanjut Agus Sugiyanto, upacara adat larung sesaji ini dilakukan setahun sekali dan bertepatan pada Selasa kliwon.” Adat larung sesaji ini hanya sekali dalam setahun. Dan dilakukan pada hari Selasa pasaran Kliwon di bulan Longkang,” imbuhnya.

Camat Ngadirojo, Nanang Hari Dwijono yang turut hadir dalam acara adat tersebut mengapresiasi masyarakat desa Sidomulyo khususnya Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon yang masih melestarikan adat budaya secara rutin setiap tahun sekali.” Kami sangat mengapresiasi kegiatan adat budaya larung sesaji warga desa Sidomulyo di Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon. Adat budaya yang secara turun temurun ini semoga bisa menjadikan bahan kita semua untuk selalu bersyukur dan selalu mengingat bahwa segala rejeki itu datangnya dari Tuhan Yang Maha Pengasih,” ungkapnya.

Berita ini 133 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Operasi Patuh Semeru 2022, Ada 8 Pelanggaran Bakal Ditindak Tegas Polres Magetan.

Berita Update

PBB Magetan Mancet Rp 1,8 Miliar.

Berita Update

DPRD Pacitan Apresiasi Penangananan Kebencanaan Bupati Indrata Nur Bayuaji.

Berita Update

Petani Magetan Keluhkan Pupuk Menghilang Dipasaran.

Berita Update

Harga Minyak Goreng Curah Di Magetan Lampui HET Permendag

Berita Update

Dewan Magetan Menilai Taman Garuda Program Gagal.

Berita Update

Tahun Politik Masih 2024, Akar Rumput Pacitan Mulai Menggeliat.

Berita Update

Pesanan Tiket Arus Balik Terminal Maospati Masih Sepi.