• Jual Murah Camera DSLR Merk Nikon D3200 Rp 1.950.000,- Hubungi 081-335-326-942
  • Axel Florist Penyedia Papan Ucapan Karangan Bunga Ternama Di Madiun Raya. Hubungi 081-335-326-942
  • Marketing Iklan Baris 081-335-326-942. * Harga Rp 49.000 Per Tayang Durasi 1 Minggu

Home / Berita Update / Pariwisata / Sambang Desa

Selasa, 28 Juni 2022 - 12:22 WIB

Wujud Syukur, Nelayan Pacitan Gelar Larung Sesaji Ke Laut.

Masyarakat dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo mengarak sesaji menuju pantai Tawang. ( Apriyanto/Pacitan).

Masyarakat dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo mengarak sesaji menuju pantai Tawang. ( Apriyanto/Pacitan).

PACITAN ( Jatimnesia.com)- Suara kentongan berkumandang, sebagai tanda dimulainya upacara adat bersih Dusun dan Larung Sesaji di Pantai Tawang, Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Agus Sugiyanto, mengatakan jika upacara adat larung sesaji yang digelar warganya merupakan warisan leluhur sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rejeki kepada para nelayan di Desa Sidomulyo, khususnya warga Dusun Tawang Etan dan Tawang Kulon.

” Ini merupakan adat budaya dari para leluhur kami, dan larung sesaji ini merupakan sarana saja sebagai bentuk syukur kita atas rejeki para nelayan di Desa Sidomulyo khususnya Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon Desa Sidomulyo,” tegas Agus Sugiyanto, Selasa (28/6).

Baca Juga :  Bupati Magetan Beber Belanja 2021 Dihadapan DPRD.

Lanjut Agus Sugiyanto, upacara adat larung sesaji ini dilakukan setahun sekali dan bertepatan pada Selasa kliwon.” Adat larung sesaji ini hanya sekali dalam setahun. Dan dilakukan pada hari Selasa pasaran Kliwon di bulan Longkang,” imbuhnya.

Camat Ngadirojo, Nanang Hari Dwijono yang turut hadir dalam acara adat tersebut mengapresiasi masyarakat desa Sidomulyo khususnya Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon yang masih melestarikan adat budaya secara rutin setiap tahun sekali.” Kami sangat mengapresiasi kegiatan adat budaya larung sesaji warga desa Sidomulyo di Dusun Tawang Wetan dan Tawang Kulon. Adat budaya yang secara turun temurun ini semoga bisa menjadikan bahan kita semua untuk selalu bersyukur dan selalu mengingat bahwa segala rejeki itu datangnya dari Tuhan Yang Maha Pengasih,” ungkapnya.

Berita ini 190 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Madiun Gelar Operasi Pamor Keris.

Berita Update

Parakerta Magetan Sukses Genjot Ekonomi Rakyat Paska Pandemi.

Berita Update

Muncul Kabar Direksi PDAM Magetan Ditetapkan Tersangka Kejari Kota Madiun?

Berita Update

Dinas Dikpora Dan Polres Magetan Monev PTM.

Berita Update

Satnarkoba Polres Ngawi Bekuk Budak Narkotika.

Berita Update

Target Bupati Madiun, Setiap Desa Jadi Kampung Pancasila.

Berita Update

Bupati Pacitan Terima Gelar Dari Keraton Surakarta.

Berita Update

Kemiskinan Ekstrem Landa Lima Desa Di Kecamatan Panekan Magetan