Bupati Blitar Hadiri Penghargaan WTN 2024.

Avatar photo

- Redaksi

Selasa, 25 Juni 2024 - 17:21 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BLITAR [Jatimnesia.com] – Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara penilaian penghargaan Waha Tata Nugraha (WTN) Tahun 2024, Selasa (25/6).

Turut hadir dalam acara tersebut, Para Tim Penilai Wahana Tata Nugraha Tahun 2023-2024 dan Pejabat terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar.

Dalam sambutanya Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, Hari ini merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan bagi saya dapat hadir di sini bertemu secara langsung dengan para tim penilai, dan terima kasih atas kesempatan untuk kami dari Kabupaten Blitar sehingga bisa mengikuti Penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2023-2024. Besar harapan kami, Kabupaten Blitar meraih prestasi.

Sesuai dengan kriteria yang ada, dari Kabupaten Blitar mengajukan Kota Wlingi guna mengikuti Penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha, kategori kota kecil. Kota Wlingi ini terletak di selatan lereng Gunung Kelud dan Gunung Kawi dengan jumlah penduduknya 56.490 jiwa.

Selanjutnya Bupati Rini Syarifah menerangkan untuk penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, selamat, aman, dan berkelanjutan di Kota Wlingi, Pemerintah Kabupaten Blitar melakukan upaya-upaya di berbagai bidang yaitu :

Bidang Lalu Lintas : Pemerintah Kabupaten Blitar menyediakan ruas jalan, perlengkapan Jalan, fasilitas pejalan kaki dan penataan parkir yang baik. Bidang Angkutan Jalan Pemerintah Kabupaten Blitar menyediakan “Bang Anjar” (Bus Angkutan Khusus Pelajar Kabupaten Blitar). Fasilitas transportasi ini gratis untuk pelajar di Kabupaten Blitar.

Bidang Sarana Transportasi Darat : Kabupaten Blitar memiliki 2 (dua) Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) yaitu di Wlingi dan Srengat, terkreditasi A dengan seluruh peralatan Uji terkalibrasi dengan baik. Sistem pelayanan uji berkala pada kedua UPUBKB tersebut dilakukan dengan inovasi UKIR EMAS (Uji Kir Elektronik Masyarakat Puas).

Bidang Prasarana Transportasi Darat: Untuk mendukung sarana transportasi darat, disediakan prasarana transportasi darat berupa Terminal Tipe C dengan fasilitas utama dan penunjangnya, halte di 20 tempat umum seperti sekolah, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, pasar dan tempat umum lainnya.

Baca Juga :  DPC PPP Magetan Bersamai Nanik Sumantri Daftar Bacabup Ke Gerindra.

Bidang Umum : Pemerintah Kabupaten Blitar menggalokasikan APBD Tahun 2024 untuk Bidang Transportasi sebesar Rp. 240.958.775.121 (Dua Ratus Empat Puluh Milyar Sembilan Ratus Lima Puluh Delapan Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Seratus Dua Puluh Satu Rupiah) atau 8,81% dari total APBD Kabupaten Blitar dan direncanakan pada Tahun 2025 akan dianggarkan kajian Tatanan Transportasi Lokal (TATRALOK) sebagai penyesuaian TATRALOK sebelumnya.

Upaya lain atau inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam rangka penyelenggaraan sistem transportasi yang tertib, lancar, selamat, aman, dan berkelanjutan adalah sebagai berikut:

Program BUNDA SALUD (Bupati Lindungi Anak melalui Sadar Lalu Lintas Usia Dini) yaitu suatu program untuk mengedukasi dan menanamkan disiplin berlalu lintas sejak usia dini, dengan memasukkan materi pendidikan lalu lintas dalam kurikulum pembelajaran di tingkat PAUD dan Taman Kanak-Kanak.

Mendukung BUNDA SALUD, disediakan Taman Lalu Lintas di Kota Wlingi sebagai sarana/wahana mengenal dan belajar peraturan dan tatacara berlalu lintas. Pemilihan Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas (PPTL), untuk membudayakan tertib lalu lintas pada pelajar SLTA.

Baca Juga :  Kejari Magetan Kawal Perhutani.

ABDI YASA Teladan, yaitu penghargaan yang diberkan kepada pengemudi angkutan orang/barang yang memiliki kemampuan dan pengetahuan keselamatan lalu lintas. BANG ANJAR (Bus Angkutan Khusus Pelajar Kabupaten Blitar), yaitu penyediaan sarana transportasi gratis antar jemput bagi pelajar di Kabupaten Blitar.

Bang Anjar melayani 8 rute trayek yang setiap harinya mengakomodasi kurang lebih 400 siswa dari 40 sekolah di wilayah Kabupaten Blitar.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor, yang dilaksanakan setiap pekan di sekitar Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wlingi. Pemantauan lalu lintas melalui ATCS (Area Traffic Control System) ZoSS (Zona Selamat Sekolah) untuk memberikan prioritas keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki pada kawasan sekolah Fasilitas Jalur Sepeda disediakan bertujuan untuk menunjang ZoSS. Transpodcast, sarana/media komunikasi dan informasi terkait penyelenggaraan transportasi SiAP Jalan, (Sistem Administrasi Pengelolaan Perlengkapan Jalan) yaitu aplikasi pelayanan pengaduan masyarakat, perbaikan dan pencatatan perlengkapan jalan).

Dengan melakukan Ramp Check yaitu pemeriksaan kelengkapan dan kelaikan kendaraan angkutan barang/penumpang. Bekerjasama dengan BNNK Blitar melakukan tes urine awak kendaraan angkutan barang/penumpang untuk memastikan awak angkutan bebas dari NAPZA.

Seiring dengan perkembangan terjadi tentu kami akan terus berupaya dan berinovasi agar penyelenggaraan sistem transportasi di Kabupaten Blitar semakin baik di masa-masa yang akan datang.(ADV)

Berita Terkait

HBA Ke-64, Kajari Magetan Beri Kado Pemkab Selamatkan Aset Rp 9,6 Miliar.
Kota Blitar Kembali Gelar BEN Carnival 2024
Bupati Blitar Launching Program Orang Tua Asuh Peduli Stunting.
Bupati Blitar Pimpin Rakor Pengesahan Warga PSHT.
Bupati Blitar Pimpin Langsung Distribusi Air Bersih.
Bupati Blitar Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia.
Satpol PP Magetan Sosialisasi Cegah Rokok Ilegal Di Takeran.
Ribuan Petani Magetan Hadiri HKP 2024.

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 17:59 WIB

HBA Ke-64, Kajari Magetan Beri Kado Pemkab Selamatkan Aset Rp 9,6 Miliar.

Minggu, 14 Juli 2024 - 08:59 WIB

Kota Blitar Kembali Gelar BEN Carnival 2024

Jumat, 5 Juli 2024 - 22:45 WIB

Bupati Blitar Launching Program Orang Tua Asuh Peduli Stunting.

Jumat, 5 Juli 2024 - 22:39 WIB

Bupati Blitar Pimpin Rakor Pengesahan Warga PSHT.

Jumat, 5 Juli 2024 - 22:32 WIB

Bupati Blitar Pimpin Langsung Distribusi Air Bersih.

Kamis, 4 Juli 2024 - 09:57 WIB

Bupati Blitar Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia.

Minggu, 30 Juni 2024 - 14:00 WIB

Satpol PP Magetan Sosialisasi Cegah Rokok Ilegal Di Takeran.

Sabtu, 29 Juni 2024 - 15:57 WIB

Ribuan Petani Magetan Hadiri HKP 2024.

Berita Terbaru

Pj Bupati Magetan Hergunadi Dalam Acara Harganas 2024 di Maospati.

Politik & Pemerintahan

Warga Magetan Tanggapi Rencana Hergunadi Maju Pilkada.

Sabtu, 20 Jul 2024 - 18:26 WIB

Pj Bupati Magetan Hergunadi saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan peserta Peringatan Harganas 2024. ( Magetan/ Septian Bayu).

Kesehatan

Magetan Peringati Harganas Di Area Kampus 5 Unesa.

Sabtu, 20 Jul 2024 - 18:19 WIB

Politik & Pemerintahan

Legislator Pacitan Tanggapi Polemik PTSL.

Jumat, 19 Jul 2024 - 19:45 WIB

Pj Bupati Magetan Hergunadi  Memberikan Hadiah Kepada Anak - Anak.

Pendidikan

Peringatan HAN 2024 Di Magetan Meriah.

Kamis, 18 Jul 2024 - 18:09 WIB